Selasa, 18 Juni 2024

Laroma: Intoleransi di Daerah Toleran

Riane Elean

Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi (STFT) Jakarta merelease film karya mahasiswa-mahasiswi Social Immersion 2023 yang berpraktek di PUKKAT. Film dokumenter ini berjudul "Laroma: Intoleransi di Daerah Toleran". Film ini merupakan salah satu luaran dari program Social Immersion yang merupakan agenda kolaboratif STFT Jakarta, Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta dan Pusat Kajian Kebudayaan Indonesia Timur (PUKKAT) sebagai lembaga mitra.

Film ini menayangkan fakta ironis tindak persekusi dan diskriminasi yang dialami para penghayat kepercayaan di daerah yang mendapat penghargaan sebagai Provinsi dengan Indeks Kerukunan Beragama Kategori 10 Provinsi Terbaik, provinsi yang menerima Harmony Award pada 2021 dan 2022 dari Kementerian Agama Republik Indonesia.

Saksikan film dokumenter tersebut pada link Youtube berikut:

Laroma: Intoleransi di Daerah Toleran

Sabtu, 15 Juni 2024

Perampasan Tanah di Minahasa: Perspektif Hukum, Adat, dan Teologi

Riane Elean


Pusat Kajian Kebudayaan Indonesia Timur gelar diskusi dengan topik "Perampasan Tanah di Minahasa: Perspektif Hukum, Adat dan Teologi', Sabtu 15 Juni 2024 di Kantor PUKKAT Kakaskasen.

Hadir sebagai pemantik Satriano Pangkey (LBH Manado), Ruth Wangkai (Aktivisi PUKKAT), Wulan Rumengan (Peneliti Kelelondey), Fredy Wowor (Budayawan Mawale Movement), dan Frenly Manaroinsong (Komunitas Kelelondey). Sebagai moderator Denni Pinontoan (Ketua PUKKAT).

Kegiatan yang berlangsung hybrid ini dihadiri mahasiswa-mahasiswi Social Immersion 2024 dari Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi (STFT) Jakarta, Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta, sejumlah budayawan, praktisi hukum, dan akademisi.

Link dokumentasi diskusi dapat dilihat di Halaman Facebook PUKKAT.